Penyebab Munculnya Komedo di Wajah

Penyebab Munculnya Komedo di Wajah

Penyebab Munculnya Komedo di Wajah

Komedo terjadi ketika ada sumbatan sebum di pori-pori kulit yang terdapat folikel rambut. Bentuknya berupa bintik kecil dengan warna gelap atau putih. Jika dipencet, biasanya terasa sakit dan mengeluarkan nanah.

Pemicu komedo bermacam-macam; dari masalah hormonal hingga gaya hidup. Berikut ini lima penyebab utama munculnya bintik kecil tersebut.

1. Sindrom Pramenstruasi (PMS)
Menjelang menstruasi, produksi hormon estrogen dan progesteron akan berkurang. Namun, hormon androgen menjadi dominan sehingga merangsang aktivitas kelenjar sebum. Inilah yang menyebabkan munculnya komedo secara bertahap.

2. Produksi Sebum yang Berlebihan
Baik pria, maupun wanita, pasti memiliki hormon androgen. Jika jumlahnya berlebihan, secara otomatis produksi sebum pun meningkat. Hal ini memicu penyumbatan pada folikel rambut di bawah kulit sehingga muncul komedo.

3. Malas Mencuci Wajah
Bebas dari sumbatan sebum, tidak berarti terhindar dari komedo. Kotoran dan debu yang menempel di kulit pun bisa menjadi penyebabnya. Terutama jika Anda enggan mencuci wajah; pori-pori wajah pun pasti tersumbat.

4. Penggunaan Kosmetik
Apakah Anda suka memakai kosmetik? Hati-hati; penggunaan beberapa jenis alat rias bisa memicu munculnya komedo. Semisal, menggunakan foundation, bedak, serta pelembap yang terlalu tebal.

Jika pemakaian kosmetik menjadi kebutuhan, imbangi dengan mencuci wajah secara rutin. Pastikan, Anda tidak tidur dalam keadaan wajah kotor atau penuh riasan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment